Thursday 28 July 2016

Solusi dan analisa kerusakan handphone atau tablet lemot, lelet, macet, sering hang dll

Solusi dan analisa kerusakan handphone atau tablet lemot, lelet, macet, sering hang dll

ciri-ciri ic emmc lemah pada tablet china atau handphone dan solusinya

    Akhir akhir ini banyak yang mengeluhkan tabletnya lelet/lemot, touchscreen kayak tidak responsif atau ada yang bilang sering nge-hang.dari pengalaman saya biasanya dari touchscreennya, tapi coba teliti apakah program lemot, bisakan dilihat dari proses loading atau proses booting tablet itu sendiri. Dari sini saya berasumsi bahwa ic flash atau ic emmc kinerjanya mulai lemah. saya ambil contoh tablet dari pelanggan saya kemarin,dia ngomong kalau tabletnya hang logo jadi hanya mentok muncul logo advan aja (bootloop), saya balik tanya, kira2 kejadiannya kenapa kok bisa jadi gitu,
pelanggan ngomong kalau tabletnya awalnya hang terus restart akhirnya jadi hang logo atau bootloop.

    Awal mulanya saya pastikan softwarenya yang rusak, akhirnya saya coba dengan flashing, memang langkah yang tepat dalam menangani handphone/tablet bootloop kita harus maksimalkan software dulu,tapi apa yang terjadi? tablet malah sulit kedetect dengan pc dan muncul pesan di computer "usb unrecognized" padahal sudah ganti komputer tetep sama. saya coba lagi dengan spflashtool untuk menguji ic emmc tsb, yaitu lewat tab memory test,akhirnya benar juga ic emmc tidak kedetect. dari sini saya berkesimpulan bahwa ic emmc rusak. biasanya tidak lama lagi tablet akan mati.(ini versi saya)

     Sebagai catatan saja, sebaiknya dalam menangani error handphone atau tablet bootloop, hanglogo atau matot, kita usahakan maksimalkan softwarenya (jika short/konslet lain lagi ceritanya)
baru software dah mentok, kita lanjutkan ke hardware, karena kita harus memikirkan resiko waktu dan pengerjaannya.

kesimpulan dan Solusinya:
  • Langkah pertama penaganan ini yaitu dengan wipe data factory reset lewat recovery mode
  • Lakukan flashing, boleh lewat sdcard, update sdcard, fastboot, atau bantuan software tool atau juga box flasher.
  • Jika langkah diatas tetep ga bisa, saya pastikan ic emmc lemah/rusak dalam artian vcc emmc normal (supply tegangan pada emmc normal)
Ingat tutor diatas adalah versi dari saya, jadi tidak menutup kemungkinan salah dalam menganalisa.
ini pengalamn dimeja service.
untuk tutorial yang lainnya bisa lihat DISINI

Demikian artikel dari kami, semoga bisa menjadi wacana dalam menangani kerusakan handphone dan tablet anda, untuk koleksi firmware komplit bisa kesini


EmoticonEmoticon